Kamis, 19 Juli 2018

RICE TERAS UBUD


OBYEK WISATA RICE TERAS CEKING TEGALLALANG

Hai sahabat Cinta Travels, perkenalkan nama saya Cinta hobi saya jalan-jalan dan kuliner. Dalam setiap perjalanan, selalu saja ada hal yang menarik untuk dibagikan kepada kalian sahabat. Liburan adalah hal yang mendasar bagi trend hidup masa kini. Tapi kalian harus tahu, budget dan pemilihan tempat wisata yang akan kalian kunjungi. Sebagai bahan dasar pertimbangan keuangan sahabat sih.  Jangan sampai kalian mau liburan tapi gagal karena tidak tahu cost yang sahabat keluarkan melebihi yang diperkirakan. Untuk itu sahabat tidak perlu kahwatir disini ada Cinta yang akan mengulas tempat wisata, yang cinta pernah kujungi.
Salah satu tempat yang kita ulas untuk liburan saat ini yaitu di daerah Ubud. Nah kalian tidak asingkan nama Ubud? Yups.. Ubud adalah salah satu destinasi pariwisata dibali, alam yang indah, tradisi dan kehidupan masyarakat yang exotic semua ada disini. Banyak obyek wisata yang dimiliki oleh ubud, yang terkenal yaitu Monkey forest, Ubud Market, Ubud Palace dan Rice terasnya. Sekarang saya sendiri akan mengulas rice terasnya sahabat. Lets chek it out..
Rice teras yang terkenal di ubud adalah Rice Teras Ceking, Tegallalang. Bertepat disebelah utara pusat kota Ubud dan berjarak sekitar 7 km. Ya kurang lebih 30 menitan, dengan sepeda motor atau menggunakan mobil. Kalau jalan kaki sekitar 1,5 Jam, kalau ada yang mau. Obyek wisata ini menawarkan keindahan persawahanya. Liuk persawahanya menawan banget, anda akan dibawa ke dunia yang hijau dan menyenangkan. Selain tempat ini membawa anda ke suasana pedesaan yang menawan. Beberapa kegiatan dapat anda lakukan, seperti tracking mengunjungi alam rice teras, berinteraksi dengan petani, aktifitas pertanian ( mencangkul, memanen padi bali, dan lainya),  spot photo yang indah dan disana ada juga swing atau ayunan yang memacu adrenalin kalian. Swing atau ayunan ini ada beberapa titik di sekitar persawahan. Sebaiknya anda memilih yang terindah dan savety  ya.
Untuk tracking disediakan jalur khusus dan tinggal diikuti saja jalur itu. Atau anda dapat mencari pemandu tracking yang akan memandu kalian disekitaran rice teras. Para pemandu disana ahli juga masalah proses penanaman sampai proses panen. Tanya saja pada mereka pengetahuan tentang rice teras dan subak, pasti mereka akan menjelaskan secara terperinci.
Untuk biaya, bisa dihitung sahabat dari karcis masuk ke obye kwisata  perorangnya Rp. 10.000,-. Kalau kalian mau tracking, siapkan uang tambahan lagi ya sahabat, karena para petani disana meminta dosani ( sejenis pondokan donasi petani), sekitar Rp. 5.000,- sampai Rp. 10.000 per pondokan. Sahabat sebagai saran, anda dapat melalui jalan khusus tracking yang berada di sebelah selatan atau kanan dari obyek wisata ceking. Sekitar 300 meter dari central parkir obyek wisata. Dikarenakan dihitung dari donasi hanya kena sekali saja. Di bandingkan dari jalur tengah, kalian kena 2x donasi atau lebih. Atau lebih baik mencari pemandu tracking dan tanyakan pada mereka. Di obyek rice teras ini ada juga tempat photo yang istagrameble, namanya Love Bali, disini tidak gratis sahabat. Perorang dikenakan biaya photo sebesar Rp. 5.000,-/orang. Untuk ambil photonya sepuasnya, tapi biasanya banyak yang antre disini. Untuk swing atau ayunan perorangnya dikenakan biaya Rp. 100.000,- itu kurang lebih 10x ayunan atau 1 menitan. Sensasinya keren banget sahabat, saya saja sampai teriak kencang di atas ayunanya. Kalian harus coba sensasinya, lagi satu saran saya cari tempat swing yang lebih tinggi. Kalian pasti pingin tambah lagi dan ketika sahabat mengambil gambar atau video, photo dan rekamanya bagus banget! Gak percaya coba anda kunjungi Obyek wisata rice teras Ceking, kalian pasti melongo. Hampir Cinta lupa, ini yang lebih penting, sahabat kalau ingin berlibur ke rice teras ceking lebih baik pada bulan Januari - Maret, dan Oktober - November, bulan ini sawahnya lagi hijau-hijaunya. Lagi satu kalau anda memotret petani atau photo sama petani disana biasanya anda akan dimintai sejumlah donasi untuk pengambilan gambar dengan petani itu, haus diingat ya sahabat Cinta…












        Bagi kalian yang ingin juga membeli oleh2 atau makanan, banyak cafĂ© shop yang menjual makanan baik itu makanan tradisional maupun internasional. Untuk pernak-pernik anda dapat membelinya di small shop yang ada disekitaran jalan raya di sekitaran rice teras. Sahabat cinta apakah ulasan saya sendiri dapat membantu anda ? jika iya anda dapat menshare blog ini kepada teman dan sahabat anda. Nanti untuk pelengkapnya saya akan tambahkan photo di bagian  blog ini. More information atau ada pertanyaan bisa langsung corat coret di menu komen dibawah, nanti Cinta akan jawab. Kalau ada saran untuk Cinta yang harus di explor atau cari tahu budget, lokasinya dan hal menarik didalam obyek wisatanya, sahabat bisa ajukan, nanti Cinta akan mencari informasi selengkapnya. Tunggu ulasan Cinta selanjutnya ya sahabat Cinta Travel. Salam ceria untuk sahabat semua, LOVE TRAVEL…


2 komentar:

  1. Sangat membantu sekali, terimakasih untuk ulasannya cinta travels..

    BalasHapus
  2. terimakasih sahabat, untuk mengikuti saya dan mendapatkan notifikasi, tinggal tambahkan dilingkaran di google+ ya..

    BalasHapus